Pengertian Vitamin dan Jenis Jenis Vitamin

Pengertian Vitamin dan Jenis Jenis Vitamin



Pengertian Vitamin yaitu sekumpulan senyawa organik amina yang sangatlah utama serta sangatlah diperlukan oleh badan, lantaran vitamin berperan untuk menolong penyusunan atau sistem aktivitas badan (vitamin memiliki peran sangatlah utama dalam metabolisme badan), lantaran vitamin tidak bisa dihasilkan oleh badan. Bila manusia, hewan serta maupun makhluk hidup lain tanpa ada konsumsi vitamin tak akan beraktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin mengakibatkan badan kita gampang terserang penyakit.

Nama Vitamin sendiri datang dari paduan kata bhs Latin yakni vita yang berarti “hidup” serta amina (amine) yang merujuk disuatu gugus organik yang mempunyai atom nitrogen (N), lantaran awal mulanya vitamin dikira sekian. Nantinya di ketahui bahwa banyak vitamin yang sekalipun tak mempunyai atom N. Dilihat dari segi enzimologi (pengetahuan perihal enzim), vitamin yaitu kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada intinya, senyawa vitamin ini dipakai badan agar bisa bertumbuh serta berkembang dengan cara normal

Untuk dapat memperoleh konsumsi vitamin tidaklah susah, dapat disebutkan umumnya makanan yang kita mengkonsumsi sehari-hari sudah memiliki kandungan vitamin cuma saja mungkin saja kita tak mengerti besar kecilnya kandungan vitamin yang kita mengkonsumsi sehari-hari.

Type Type vitamin
Type vitamin berdasar pada kelarutannya ada dua jenis, yakni vitamin yang larut di air serta vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut di air cuma ada dua yakni Vitamin B serta C. Sedang vitamin A, D, E, serta K, mereka larut dalam lemak.

Cara kerja vitamin yang larut dalam lemak serta yang larut di air tidak sama.
Vitamin yang larut dalam lemak : Vitamin yang larut dalam lemak bakal disimpan didalam jaringan adiposa (lemak) serta didalam hati. Vitamin ini lalu bakal dikeluarkan serta diedarkan ke semua badan waktu diperlukan. Sebagian type vitamin cuma bisa disimpan sekian hari saja di pada badan, sedang type vitamin lain bisa bertahan sampai 6 bln. lamanya di pada badan.

vitamin yang larut di air : Tidak sama dengan vitamin yang larut dalam lemak, type vitamin larut di air cuma bisa disimpan dalam jumlah sedikit serta umumnya bakal selekasnya hilang berbarengan aliran makanan. Waktu satu bahan pangan diolah oleh badan, vitamin yang lepas bakal masuk ke aliran darah serta beredar ke semua sisi badan. Jika tak diperlukan, vitamin ini bakal selekasnya dibuang badan berbarengan urin. Oleh lantaran perihal ini pula, badan memerlukan konsumsi vitamin larut air dengan cara terus-menerus.

Berikut ini adalah penjelasan type type vitamin, serta sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin

Vitamin A
pengertian vitamin a - sumber vitamin a
Vitamin A, yang juga di kenal dengan nama retinol, adalah vitamin yang bertindak dalam pembentukkan indra pandangan yang baik, terlebih pada malam hari, serta juga sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Diluar itu, vitamin ini dapat bertindak utama dalam melindungi kesehatan kulit serta imunitas badan. 17 Vitamin ini berbentuk gampang rusak oleh paparan panas, sinar matahari, serta hawa. Sumber makanan yang banyak terkandung vitamin A, diantaranya susu, ikan, sayur-sayuran (terlebih yang berwarna hijau serta kuning), serta buah-buahan (terlebih yang berwarna merah serta kuning, seperti cabai merah, wortel, pisang, serta pepaya).

Jika berlangsung defisiensi vitamin A, pasien bakal alami rabun senja serta katarak. Diluar itu, pasien defisiensi vitamin A ini dapat juga alami infeksi saluran pernafasan, berkurangnya ketahanan badan, serta keadaan kulit yang kurang sehat. Keunggulan konsumsi vitamin A bisa mengakibatkan keracunan pada badan. Penyakit yang bisa diakibatkan diantaranya pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, serta pingsan. Diluar itu, apabila telah dalam keadaan akut, keunggulan vitamin A di pada badan dapat juga mengakibatkan kerabunan, terhambatnya perkembangan badan, pembengkakan hati, serta iritasi kulit.

Vitamin B
Dengan cara umum, kelompok vitamin B bertindak utama dalam metabolisme di pada badan, terlebih dalam soal pelepasan daya waktu melakukan aktivitas. Hal semacam ini berkenaan dengan peranannya di pada badan, yakni juga sebagai senyawa koenzim yang bisa tingkatkan laju reaksi metabolisme badan pada beragam type sumber daya. Sebagian type vitamin yang termasuk dalam grup vitamin B ini dapat bertindak dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Sumber paling utama vitamin B datang dari susu, gandum, ikan, serta sayur-sayuran hijau.

Vitamin B1
pengertian vitamin b1 - sumber vitamin b1
Vitamin B1, yang di kenal dengan juga nama tiamin, adalah salah satu type vitamin yang mempunyai fungsi utama dalam melindungi kesehatan kulit serta menolong mengkonversi karbohidrat jadi daya yang dibutuhkan badan untuk kebiasaan keseharian. Selain itu, vitamin B1 juga menolong sistem metabolisme protein serta lemak. Apabila berlangsung defisiensi vitamin B1, kulit bakal alami beragam masalah, seperti kulit kering serta bersisik. Badan dapat juga alami beri-beri, masalah saluran pencernaan, jantung, serta system saraf. Untuk menghindar hal itu, kita butuh banyak konsumsi banyak gandum, nasi, daging, susu, telur, serta tanaman kacang-kacangan. Bahan makanan inilah yang sudah dapat dibuktikan banyak terkandung vitamin B1.

0 Response to "Pengertian Vitamin dan Jenis Jenis Vitamin"

Posting Komentar

wdcfawqafwef